KACA FILM MOBIL SEMARANG NYATA TERUJI KUALITASNYA

  • 1

KACA FILM MOBIL SEMARANG NYATA TERUJI KUALITASNYA

KACA FILM MOBIL SEMARANG NYATA TERUJI KUALITASNYA

kaca film mobil semarangKaca film mobil Semarang – Kaca film pada mobil menjadi opsi yang cenderung wajib di kawasan di mana matahari kerap bersinar dengan terik. Seperti di Indonesia contohnya, negara yang terletak tepat berada di garis khatulistiwa. Penggunaannya bisa mengurangi panas yang terasa di dalam kabin kendaraan, sekaligus menyamarkan keberadaan penumpang di dalamnya.

Seberapa besar kemampuan kaca film tersebut menahan panasnya sinar matahari, pastinya, tergantung pada jenis dan kualitas bahan yang digunakan. Mulai dari jenis lapisan film celup (dyed window tint film) yang relatif murah, hingga kaca film berbahan keramik yang mahal tetapi bisa menahan sinar ultraviolet hingga 99 persen.

RISET PENGGUNAAN KACA FILM PADA MOBIL

Nah, selain menahan panas, ada anggapan yang beredar di dunia otomotif bahwa penggunaan kaca film pada kendaraan bisa menghemat penggunaan bahan bakar. Benarkah?

Nazenin Gure dan Mustafa Yilmaz dari Departemen Teknik Mesin, Universitas Marmara, Turki, pada awal tahun 2000 telah melakukan penelitian. Yakni meneliti pengaruh kaca film pada kendaraan terhadap pengurangan konsumsi bahan bakar dan emisi yang dihasilkan di beberapa kota di Amerika Serikat dan Istanbul, Turki.

Hasil penelitian berjudul “Car Window Filming, Tinting and Shading’s Fuel, Emission Reduction and Economic Analysis around WA, NY, NC, USA and Istanbul, Turkey” tersebut kemudian dipublikasikan pada 30 Januari 2015 dalam Journal of Energy and Power Source.

Dalam penelitian tersebut Gure dan Yilmaz membandingkan beberapa jenis kaca film dan memarkirkan mobil di ruang terbuka selama 1 jam pada musim panas. Setelah itu, penumpang masuk ke kabin, lalu mobil dijalankan dan AC dinyalakan hingga suhu kabin mencapai 25 derajat Celsius. Yakni suhu yang dianggap nyaman bagi penumpang.

Mereka menyatakan, panas kabin mobil yang dijemur sejam pada suhu udara 27 derajat Celsius, bisa mencapai 60 derajat Celsius, terutama di bagian dasbor. Untuk mendinginkan ruang kabin sepanas itu, AC mesti bekerja keras dalam waktu lama. Hal itu menyebabkan lebih banyak bahan bakar kendaraan yang digunakan.

PENGGUNAAN KACA FILM JUGA BIKIN IRIT BAHAN BAKAR

Penggunaan kaca film di depan, belakang dan kedua sisi kendaraan, menurut penelitian tersebut, bisa mengurangi panas tersebut hingga 20 persen. Suhu kabin yang lebih dingin akan mempermudah kerja AC mobil sehingga bahan bakar yang terbuang lebih sedikit. Penghematan bahan bakar, menurut mereka, bisa mencapai hingga 3,4 persen. Walau tampaknya kecil, penghematan itu dalam lima tahun bisa mengurangi pengeluaran untuk BBM diesel hingga US $21,3 miliar dan US $1,4 miliar untuk premium.

Walau demikian, tingkat keiritan atau tidaknya penggunaan bahan bakar juga akan tergantung pada cara mengemudi dan kondisi lalu lintas. Masing-masing orang pastinya punya cara berkendara yang berbeda-beda. Dapat pula tergantung dengan kapasitas mesin yang ada pada mobilnya. Secara teorinya semua yang memakai kaca film juga menggunakan AC pada mobilnya dengan ukuran yang normal. Intinya AC itu tidak perlu bekerja maksimal, jadi kita dapat menghemat pemakaian bahan bakar.

Selain bisa menghemat penggunaan BBM, ada beberapa kegunaan lain penggunaan kaca film pada mobil. Termasuk memperindah penampilan, mencegah kaca mobil langsung pecah berantakan jika terjadi tabrakan hingga mengurangi risiko kejahatan. Jadi apakah Anda akan menunda penggunaan kaca film mobil Semarang berkualitas pada mobil Anda?

MENJAGA KINERJA KACA FILM MOBIL

Setelah mengetahui manfaat dari pemasangan kaca film mobil Semarang. Tentu akan lebih baik jika pengguna kendaraan menjaganya dengan baik agar kemampuannya selalu berada pada titik maksimal.

Masalah utama yang kerap mengganggu kinerja kaca film adalah jamur yang menempel padanya. Jamur yang menempel akan mengganggu pemandangan dan berbahaya bagi pengemudi, terutama saat hujan. Oleh karena itu, kebersihan kaca harus selalu dijaga. Jika uang berlebih, Anda bisa mendatangi bengkel pembersih kaca film mobil Semarang secara reguler.

Namun, jika punya waktu luang, Anda bisa membersihkannya sendiri. Caranya ternyata tidak terlalu rumit, juga tak menguras isi dompet. Cukup bermodalkan air hangat dan lap lembut untuk memolesnya. Air hangat akan menghilangkan noda minyak yang menempel pada lapisan film pada kaca tersebut. Serta sebaiknya kaca langsung dibersihkan apabila mobil habis diguyur hujan.

Juga lapisan film pada kaca dibersihkan dengan air biasa, menggunakan tisu atau lap yang sudah dibasahi air. Jangan menggunakan zat kimia pembersih, sebab hal ini bisa merusak struktur filmnya.

REZAKACAFILM SENTRA KACA FILM MOBIL SEMARANG BERKUALITAS TOP

Untuk itulah percayakan kebutuhan jasa kaca film yang berkualitas hanya di Rezakacafilm Semarang. Rezakacafilm merupakan penyedia kaca film mobil Semarang yang berkualitas terbaik. Apabila Anda hendak berkonsultasi mengenai jenis kaca film yang cocok digunakan untuk mobil Anda. Maka hubungi kontak kami pada laman website kami atau langsung berkomunikasi melalui telepon/whatsapp.


1 Comment

JASA KACA FILM SEMARANG PROFESIONAL BERKUALITAS

Mei 7, 2018 at 3:47 pm

[…] kaca film mobil. Persentase ketebalan kaca mobil juga perlu diperhatikan. Lantas, seperti apakah kaca film mobil yang bagus sesuai standar persentase […]

Leave a Reply